Selebrasi Hari Batik oleh Prodi Manajemen Pendidikan Islam

“Selamat hari batik” Kata itu terdengar di berbagai kalangan pada hari selasa 2 oktober kemarin, dimana hari tersebut telah didaulat sebagai hari batik nasionall. Peringatan hari batik merupakan momen yang begitu berarti, pasalnya batik memang menjadi identitas bangsa indonesia. Momen spesial tersebut telah diperingati pula oleh segenap mahasiswa Program Studi Manajemen pendidikan Islam, dengan mewajibkan setiap dosen dan mahasiswa untuk menggunakan pakain kebanggaan bangsa indonesia itu.

Batik menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam kegiatan sehari-hari mahasiswa Program Studi Manajemen Pendidikan Islam STAI Al Hikmah Tuban, baik di kampus maupun di luar kampus. Pakaian batik yang dikenakan mahasiswa dan dosen Program Studi Manajemen Pendidikan Islam ini memiliki corak dan warna yang berbeda-beda namun tetap serasi dan anggun. Hal ini menggambarkan arti keragaman Budaya tetapi tetap dalam satu ciri khas yaitu batik. Kota Tuban yang menjadi lokasi berdirinya STAI Al Hikmah Tuban ini pun memiliki batik khas tersendiri, yaitu Batik Gedog Tuban. Dengan memakai pakaian batik, berarti juga merupakan usaha untuk terus melestarikan budaya lokal Tuban, dimana corak dan pola pada batik tersebut memiliki makna filosofis bagi masyarakat Tuban itu sendiri.

Identitas kita ini yang wajib kita banggakan dan kita kenalkan ke berbagai kalangan. Batik menjadi identitas bangsa indonesia, jadi jangan pernah malu atau tidak percaya diri dengan batik. Perkembangan  corak, warna, dan model batik dewasa ini sangat berkembang. Oleh sebab itu masyarakat dari berbagai kalangan pantas untuk memakai pakaian nasional ini. Oleh sebab itu, batik merupakan suatu kebanggaan bagi kita semua, baik kalangan mahasiswa, dosen, atau masyarakat pada umumnya, dan seharusnya kebanggaan ini akan terus mendorong kita untuk memakaianya dimanapun kita berada.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *